Rabu, 03 Maret 2010

Analisis Foto Majalah

Foto yang kelompok kami dapatkan dari majalah Aneka Yess! edisi No. 05/ 1-14 Maret 2010 bercerita tentang gerakan menyelamatkan bumi dengan penggelaran konser untuk mengumpulkan dana demi membantu masyarakat yang kesulitan air. Dari foto itu mewakili artikel penyelenggaraan konser dengan tampilan para musisi yang berfoto bersama. Foto ini tidak mewakili kriteria sebagai foto jurnalistik, karena foto ini merupakan foto dokumentasi dimana objek fotonya adalah semua musisi yang mengisi acara live earth concert. Sehingga foto tersebut juga menggambarkan aktualitas artikel "Live Earth Concert". Warna dan pencahayaan foto sudah memenuhi persyaratan yang baik dan jelas. Nilai berita yang terkandung dalam foto tersebut memberi informasi kepada masyarakat bahwa konser ini adalah konser amal untuk mengumpulkan dana bagi masyarakat yang kesulitan air.

Kelompok kami memilih artikel "Live Earth Concert" karena kami peduli dengan lingkungan saat ini yang mengalami krisis air di berbagai negara. Dengan adanya konser ini dapat menyadarkan kita betapa pentingnya air bagi kehidupan makhluk hidup masa kini dan nanti. "Live Earth Concert" dibuat sebagai ajang kampanye untuk menggunakan air sebijak mungkin. Berita yang memuat penyelenggaraan konser ini menarik bagi kami sebagai suatu bentuk sosial kepedulian terhadap bumi dan makhluk hidup.

6 komentar:

  1. Mengapa pada penjelasan diatas, menurut anda foto yang anda jadikan bahan tidak memiliki kriteria sebagai foto jurnalistik?

    Namun pada penjelasan berikutnya anda katakan bahwa foto tersebut memiliki nilai berita?

    Apa saja kriteria foto jurnalistik menurut anda?

    Terima kasih =)

    BalasHapus
  2. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas komentar yang diberikan oleh The B Club. Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai foto yang kami dapatkan pada majalah tersebut.

    Pertama - tama kami akan menjelaskan mengenai kriteria foto jurnalistik. Ada beragam definisi tentang foto jurnalistik yang disampaikan para pakar komunikasi dan praktisi jurnalistik. Namun secara garis besar, menurut Guru Besar Universitas Missouri, AS, Cliff Edom, foto jurnalistik adalah paduan antara gambar dan kata.
    Jadi, selain fotonya, foto jurnalistik juga harus didukung dengan kata-kata yang terangkum dalam kalimat yang disebut dengan teks foto / caption foto, dengan tujuan untuk menjelaskan gambar dan mengungkapkan pesan atau berita yang akan disampaikan ke publik. Jika tanpa teks foto maka sebuah foto hanyalah gambar yang bisa dilihat tanpa bisa diketahui apa informasi dibaliknya.

    Foto yang kami analisa memang memiliki nilai berita karena foto tersebut memperlihatkan suasana yang terjadi di dalam concert itu namun tidak mewakili secara keseluruhan karena tidak di jelaskan apa yang terjadi di dalam foto tersebut atau tidak di dukung dengan caption foto. Artikel yang di muat hanya bercerita tentang concert tetapi tidak menceritakan tentang kejadian / peristiwa apa yang di foto.

    BalasHapus
  3. disini anda menyebutkan bahwa foto ini adalah foto dokumentasi? tau darimana kalau ini foto dokumentasi? dan apa ciri - ciri dari foto dokumentasi itu yang sehingga bisa membedakan foto dokumentasi dengan jenis - jenis foto lainnya?

    BalasHapus
  4. Steven H says:

    Setuju dengan pendapat diatas, menurut pendapat kalian apa aja sih yang bisa jadi foto jurnalistik??
    lalu apa kekurangan foto itu untuk menjadi foto jurnalistik??

    lalu acara yang bertemakan perbaikan Bumi itu cuma berbicara tentang air??
    tidak ada unsur Bumi lainnya??

    BalasHapus
  5. Stefen

    hmm. sy stuju dengan pndapat kelompok kalian, meman foto pada konser tersebut, hanya foto dokumentasi saja, tidak ada unsur jurnalistiknya.

    BalasHapus
  6. saya bangga terhadap peryataan ada yang mengatakan bahwa anda peduli dengan lingkungan saat ini yang mengalami krisis air di berbagai negara semoga pernyataan anda dapat di praktekan di kehidupan anda.

    BalasHapus